Cara Edit Tampilan Status Bar Android Menggunakan XblastTools

Merubah Tampilan Status Bar Android dengan Xposed dan Xblast- Salam hangat untuk para pengguna android, Pernahkan ada rasa bosan ketika melihat tampilan android yang hanya itu-itu saja. Pada tutorial singkat kali ini saya akan coba membahas bagaimana caranya mengganti tampilan status bar pada android yang sebelumnya sederhana atau biasa-biasa saja menjadi lebih bagus.

Merubah Tampilan Status Bar Android  dengan Xposed dan XblastTools

Sebelum menuju inti dari tutorial ini saya akan menanyakan satu hal untuk anda yaitu Apakah anda sudah tahu apa itu status bar dan mod? bagi anda yang masih belum tahu apa itu status bar dan mod, saya akan menjelaskannya sedikit. Status Bar merupakan tempat khusus interface di android yang berfungsi menampilkan icon baterai, sinyal, jam digital, maupun icon aplikasi yang sedang berjalan. Sedangkan mod atau yang mempunyai kepanjangan modification/ modding dapat diartikan sebagai meteode untuk merubah suatu hal yang standar menjadi lebih berbeda dari sebelumnya. kata mod ini diambil dari singkatan ClockworkMod atau disingkat cwm. cwm disini bisa dikatakan adalah sebuah standar de facto untuk custom recovery di platform android.

Aplikasi yang akan kita gunakan ini merupakan sebuah aplikasi open source yang dibangun berdasarkan android recovery stock. sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi asalnya.Maka dari itu untuk dapat merubah tampilan serta bentuk statusbar secara keseluruhan kita harus melakukan modding pada status bar tersebut, modding pada status bar ini dapat dilakukan dengan cara manual ataupun melalui bantuan aplikasi, kedua cara ini mungkin memiliki resiko maka dari itu disarankan kepada anda untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Setelah mengetahui sedikit informasi tentang status bar dan mod, kita lanjutkan ke tahapan proses cara ganti tampilan status bar di android. namun, sebelum kita masuk ke tahapan, terlebih dahulu anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan selama proses berlangsung karena disini saya akan mencoba dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti :
  1. Xposed Framework yang dapat anda unduh melalui hosting xposed
  2. XblastTools yang dapat di unduh melalui hosting xblast.
Perhatikan : aplikasi Xblast Tools ini dapat anda gunakan apabila ponsel android anda sudah dalam kondisi root dan juga OS android anda harus sudah versi 4.0+ (ICS Up). jika belum sesuai dengan ketentuan ini, jangan mencoba karena bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.
Jika kedua aplikasi diatas sudah anda unduh kemudian diletakkan di SD card anda masing-masing, sekarang kita mulai proses cara ganti tampilan status bar android.
  • Install kedua aplikasi xposed framework dan aplikasi xblasttools di android. apabila sudah selesai, anda masuk ke aplikasi xposed framework.
  • Apabila sudah masuk, pilih "module" kemudian ceklis "xblast tool". jika sudah di ceklis, kembali ke framework kemudian pilih "install/update" dan apabila sudah selanjutnya yaitu "reboot".
  • Kemudian anda tinggal merubah status bar yang diinginkan seperti :
Status bar transparan
  1. buka aplikasi xposed framework
  2. pilih modules
  3. lalu xblast toolstatusbar
  4. ceklis "Status bar background colour". Anda tinggal geser ke kanan dan ke kiri untuk menyesuaikan transparan.
  5. kembali ke "fremawork" pilih "instal/update" lalu "reboot".
Background setting transparan
  1. buka aplikasi xposed framework
  2. pilih modules
  3. kemudian xblast tool
  4. lalu visual tweaks
  5. pilih "holo themes" kemudian "Dark Themes", Ceklis "Enable Holo Dark Theme" lalu pilih "holo dark background image" selanjutnya pilih gambar yg mau anda pakai buat background.
  6. kembali ke "framework" pilih "instal/update" lalu "reboot".
Speed indicator status bar
  1. buka aplikasi xposed framework
  2. pilih modules
  3. xblast tool
  4. kmudian status bar
  5. pilih "network speed indicator" lalu ceklis "network speed indicator". bisa juga anda ubah warnanya sesuai dengan yang anda inginkan.
  6. kembali ke "framework" lalu pilih "instal/update" kemudian "reboot".
Ganti tampilan/warna baterai
  1. buka aplikasi xposed framework
  2. pilih modules
  3. pilih xblast tool
  4. lalu statusbar lalu pilih icons dan ceklis "battery colour". pilih warna yang anda mau
  5. kembali ke "framework" pilih "instal/update kemudian "reboot".
Ganti tampilan lockscreen
  1. buka aplikasi xposed framework
  2. pilih modules
  3. kemudian xblast tool
  4. pilih XlockY kemudian ceklis "enable xlocky" lalu pilih "lockscreen lockring icon". Ada beberapa macam icon locksreen yang tersedia dan tinggal anda pilih atau pilih "Custom" buat image icon locksreen anda sendiri.
  5. kembali ke "framework" pilih "instal/update" kemudian "reboot". Dan masih banyak lagi fitur yang dapat anda coba pada xblast tool di android anda silahkan anda bereksperimen sendiri.
Contoh hasil :
Merubah Tampilan Status Bar Android  dengan Xposed dan XblastTools

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat dilakukan dalam merubah tampilan status bar android menggunakan xblast tool, cuma tidak semua saya lakukan disini karena saya yakin anda bisa mencobanya sendiri dengan memilih menu yang lainnya pada xblast tool. Sekian ulasan artikel tentangCara Mengganti Tampilan Status Bar Di Android. Semoga bisa bermanfaat ,jika anda masih kebingungan silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah. dan terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Edit Tampilan Status Bar Android Menggunakan XblastTools"

Posting Komentar

Komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel akan langsung dianggap spam !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel