Memberikan informasi seputar dunia teknologi seperti Komputer, Android, Aplikasi

Saturday, September 20, 2014

Penyebab Smartphone Android Tidak Dapat Mengisi Daya

Rofi Yansyah

Penyebab Smartphone Android Tidak Dapat Mengisi Daya - Ponsel tidak bisa mengisi daya, mungkin ini penyebabnya dan lakukan pengecekan lebih lanjut. Biasanya Kamu meminjam charger teman, atau buru-buru membeli charger atau baterai baru. Padahal, belum tentu charger atau baterai yang rusak. Dengan sedikit upaya, mungkin kita jadi tidak harus merogoh kocek untuk membeli baterai atau charger baru.

Nah, sebelum ponsel tak mau nge-charge, ada beberapa usaha yang bisa kita lakukan untuk mencegah dengan merawat beberapa elemen ponsel. Berikut tipsnya:

1. Permukaan Port Micro USB Kotor

Biasanya yang menyebabkan perangkat tidak bisa mengisi ulang adalah karena adanya kotoran atau benda kecil lain yang mengganjal dalam port micro usb. Debu, kotoran dan remah-remah makanan bisa masuk ke dalam port micro USB smartphone, jadi pastikan port tersebut atau kabel penghubungnya bersih.

Selain itu, jangan lakukan pengisian ulang di tempat yang dekat dengan cairan atau tempat lembab lainnya. Pengisian ulang baterai yang berlebihan juga tidak disarankan. Tak perlu menghubungkan charger semalaman penuh jika baterai hanya perlu disetrum satu atau dua jam.

2. Kabel Micro USB Rusak

Kebanyakan gagal isi ulang berada pada kabel charger USB, atau port USB-nya. Bisa jadi smartphone tidak mau mengisi ulang daya karena koneksinya longgar. Kabel yang tidak sesuai juga membuat pengisian ulang baterai lebih lama. Ada beberapa cara yang bisa dilakuan untuk merawat kabel dan port USB dalam smartphone.

Pertama-tama, bersihkan port micro USB baik di smartphone atau kabel. Cara ini menjadi cara termudah jika Anda menghadapi situasi semacam itu. Permukaan metalik dalam port USB yang kotor menyebabkan kontak dengan kabel microUSB terganggu. Gangguan kontak juga bisa disebabkan karena kesalahan desain dari pabrik, atau karena seringnya kabel dilepas-pasang terus menerus. Penggunaan kabel yang berbeda-beda juga bisa merusak port microUSB, karena walau tipenya sama, kadang ukuran sedikit berbeda.

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah, dengan mengungkit lempengan kecil di dalam port USB. Anda bisa menggunakan benda kecil seperti pinset atau tusuk gigi untuk melakukannya. Lakukanlah cara ini saat smartphone dalam kondisi mati dan baterainya dilepas.

Beberapa model smartphone memiliki unit kepala charger dan kabel yang terpisah. Pastikan terlebih dahulu bagian mana yang bermasalah. Kepala charger biasanya lebih awet, sementara kabel rentan rusak karena sering digulung atau ditekuk. Jadi sebelum membeli charger baru, cobalah menggunakan kabel lain yang sejenis.

3. Mengisi Daya Tidak Pada Soket Listrik Standar
Mengisi ulang baterai dari soket listrik selalu lebih cepat dibandingkan dari PC atau laptop, karena arus listrik yang dialirkan berbeda. Dengan soket listrik, daya yang dialirkan bisa jadi dua kali lebih besar dibanding menggunakan PC atau laptop.

Menggunakan kabel dan charger bukan dari bawaan smartphone juga bisa memperlambat pengisian ulang daya baterai. Karena masing-masing charger didesain sesuai dengan kebutuhan perangkat. Misalnya jika kita menggunakan kabel charger pemutar mp3, maka charger tersebut tidak terlalu kuat untuk mengisi daya baterai smartphone, sehingga makan waktu lama.

Periksa juga apakah soket listrik bekerja dengan optimal mengalirkan daya, menggunakan tespen.  Pengisian ulang daya baterai akan semakin lebih cepat jika Anda menggunakan mode Airplane atau mematikan smartphone/tablet.

4. Baterai Sudah Harus Diganti (Rusak)
Yang terakhir, mungkin baterai perangkat Anda sudah mulai rusak. Jika perangkat Anda bisa dibuka penutup baterainya, lepas dan periksa baterai. Lihat apakah ada gelembung di permukaan baterai atau kebocoran. Jika ada, maka cepatlah bersihkan dengan kain halus secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi.

Jika perangkat smartphone atau tablet Anda tidak bisa dilepas baterainya, cobalah letakkan perangkat di permukaan datar, lalu cobalah putar perangkat. Jika ternyata berputar, maka kemungkinan  baterai telah mengembung dan menekan permukaan perangkat. Namun trik ini juga harus melihat desain permukaan smartphone terlebih dahulu.

Gantilah baterai sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pabrik. Baterai baru yang original setidaknya tahan selama dua tahun sebelum harus diganti, walau tergantung juga dengan siklus pengisian ulang baterai. Jika baterai rusak terlalu cepat, periksalah garansi, siapa tau Anda bisa mendapatkan unit pengganti secara gratis.

Sekian Artikel singkat tentang Penyebab Smartphone Android Tidak Dapat Mengisi Daya, semoga dapat membantu anda dalam menganalisa penyebabnya sedini mungkin agar tidak langsung mengambil kesimpulan bahwa ponsel anda harus dibawa ke tukang servis.

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel akan langsung dianggap spam !!