Cara Menghemat Pemakaian Baterai di Ponsel Android

Cara Menghemat Pemakaian Baterai di Ponsel Android - Pada kali ini saya akan share sebuah tips tentang cara agar batre lebih tahan lama, Android merupakan Smartphone yang memiliki kecepatan dan kecanggihan dalam menjalankan suatu proses tetapi meski android memiliki banyak keistimewaan ternyata android memiliki kekurangan yaitu cepat habis baterai hal ini dikarenakan smartphone selalu mengakses internet dan fitur - fitur lainnya yang menguras daya baterai . Walaupun android dalam keadaan layar mati, tetapi koneksi data internet tetap jalan dan inilah yang membuat baterai cepat habis walau tidak di pakai.

Kebutuhan internet secara terus menerus yang digunakan setiap saat dan hal ini akan menyebabkan daya baterai menurun drastis. Perlu diketahui indikasi yang menunjukan baterai rusak atau menurun performanya contohnya seperti Durasi pemakaian sesudah dicharge makin singkat , Baterai cepat menjadi panas, baik selama proses charge maupun sewaktu handphone dipakai dan yang paling terlihatv fisiknya ialah Baterai tersebut membengkak.

Nah lantas bagaimana Cara Menghemat batre pada HP android? sebenarnya mudah jika kita mengetahui dan bisa dalam memanage nya jadi Simak cara pemakaian baterai agar bertahan lama :
1. Sesuaikan Brightness Layar Anda
Tidak perlu dipungkiri lagi, salah satu device yang paling banyak memakan baterai adalah layar/display. Untuk lebih menghemat baterai, coba setting agar Display seredup mungkin sampai batas mata anda masih bisa melihat dengan jelas Display tersebut. Jangan terlalu gelap karena hal tersebut malah membuat mata anda menjadi sakit. Penghematan baterai memang penting, tetapi kesehatan mata masih jauh lebih penting dari baterai.
2. Setting Quick Screen Timeout
Setting ini akan mematikan layar Android seusai dengan waktu yang Anda tentukan terlebih dahulu. Untuk mnyettingnya dapat Anda lakukan melalui menu Setting. Cara ini membantu menghemat baterai android ketika sudah tidak digunakan. Semakin lebar layar android Anda, semakin kami sarankan untuk Anda mengaktifkan fitur ini. Karena layar menjadi salah satu penyumbang pemborosan baterai.
3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan
 Pada ponsel Android, saat Anda membuka Web, hal ini juga berjalan di latar belakang, dan ketika aplikasi berjalan di latar belakang maka akan Mengkonsumsi banyak daya baterai dan Memperlambat kecepatan dalam memproses sesuatu di Ponsel Android Anda. disarankan untuk menutup browser secara manual. Proses ini jauh lebih sederhana pada Android 4.0 keatas, Untuk gingerbird ada App disebut "Advance Task Killer" yang memungkinkan Anda untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. tips ini tidak hanya akan Meningkatkan Umur Baterai Anda, tetapi juga akan Menambah Kecepatan Ponsel Android Anda.
4. Ketika Mengisi Baterai  
Isi baterai Anda hanya ketika Anda mendapatkan Pesan Baterai Bendah. Biasanya Anda hanya harus mengisi baterai Anda ketika memiliki kekuatan 15% dan pastikan Anda mengisinya sampai 100%, Juga non aktifkan semua layanan yang tidak digunakan saat pengisian, hal ini akan mempercepat proses pengisian dan membuat baterai android anda lebih awet.
5. Matikan fitur bluetooth,kamera, koneksi internet, WIFI,GPS 
Jika tidak diperlukan ,dan lain-lain. Terutama jika baterai sudah hampir habis. Gunakan GPS jika hanya diperlukan ketika Anda ingin memastikan posisi Anda berada atau ketika suatu aplikasi semisal sosial media membutuhkannya untuk membantu mengupdate keberadaan Anda.Demikian juga bluetooth, seringkali kita lupa mematikan bluetooth ketika usai menggunakannya untuk bertukar data. Selain untuk menghemat baterai, penonaktifan bluetooth juga penting ntuk menjaga keamanan perangkat Android Anda. Kedua fitur di atas adalah fitur terbesar penyumbang cepat borosnya baterai.
6. Matikan Animasi
Tampilan yang beranimasi (bergerak) memang terlihat indah, namun hal tersebut akan membuat CPU bekerja ekstra yang pada akhirnya membuat baterai menjadi boros. Untuk menghemat baterai Android, sebaiknya Anda mematikan semua fitur animasi, misalnya fitur live wallpaper.
7. Pakailah widget seminim mungkin
Semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yg berjalan di background, sehingga akan banyak menghabiskan ruang pada RAM dan berakibat pemakaian daya baterai yang semakin boros.

Sebenarnya terdapat beberapa aplikasi di google play yang membantu untuk meningkatkan peforma dan ketahanan Battery Anda agar lebih awet tetapi setelah saya coba tidak berhasil dan lebih baik untuk menggunakan metode manual ketimbang menggunakan aplikasi apapun , selamat mencoba semoga artikel Tips Menghemat Batre Android Tanpa Aplikasi ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghemat Pemakaian Baterai di Ponsel Android"

Posting Komentar

Komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel akan langsung dianggap spam !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel