Memberikan informasi seputar dunia teknologi seperti Komputer, Android, Aplikasi

Friday, March 14, 2014

Cara Menghapus ChainFire 3D di Android Tanpa Flashing

Rofi Yansyah

Cara Menghapus ChainFire 3D di Android Tanpa Flashing - Mungkin yang diketahui orang selama ini jika ChainFire 3D membuat ponsel Android hang / bootloop jalan satu-satunya flash ulang, itu merupakan hal yang paling merugikan. Padahal ada satu trik simple untuk mencegah kejadian ini. Sebelumnya perlu kita ketahui apa itu ChainFire 3D? ChainFire 3D buatan developer dengan nick Chainfire (XDA) merupakan driver yang bekerja membantu GPU Android dalam mengolah grafis, mengubah parameter-parameter perintah dan memanipulasinya supaya GPU dapat berjalan optimal, bahkan meningkatkan kinerjanya. Biasanya ChainFire 3D banyak diminati oleh pengguna Samsung Galaxy Young di Indonesia. Anda pengguna ponsel tersebut?

Cara Menghapus ChainFire 3D di Android Tanpa Flashing
Tidak semua Android itu ber-GPU (dalam arti tidak memiliki GPU tambahan). Hal tersebut dapat mempersulit pengguna pada waktu bermain game HD Android karena device tidak mampu menyaingi grafis yang ditampilkan oleh game itu sendiri. Selain itu juga, terkadang meski Android nya sudah ber-GPU pun kadang masih juga belum cocok / belum memenuhi kriteria game yang bersangkutan. Bisa jadi game yang ingin kita mainkan harus menggunakan GPU Nvidia sedangkan GPU kita sebatas Adreno saja.
Disini letak kemampuan ChainFire 3D. Dengan atau tidak adanya GPU pada Android, ChainFire 3D mampu memanipulasi data driver sehingga anda bisa memilih GPU apa saja yang ingin anda pakai. Masing-masing driver memiliki tingkat kekuatan sendiri-sendiri. Jangan sampai anda mengambil GPU sembarangan tanpa anda pertimbangkan spesifikasi hardware anda.

Masalah yang sering timbul, tidak banyak yang menyadari bahwa ChainFire 3D hanya bekerja pada Gingerbread saja. Seperti yang dialami salah seorang client saya beberapa hari yang lalu. Ia datang kerumah dengan membawa Andromax C Gen 2 Jelly Bean dalam kondisi bootloop setelah ChainFire 3D terinstal. Padahal sudah dijelaskan di tutorial manapun bahwa ChainFire tidak support pada seri lain selain Gingerbread. Hal yang harus anda lakukan ketika anda mendapati bootloop setelah install ChainFire 3D di ICS ataupun Jelly Bean, eksekusi perintah cf3d_uninstall.sh yang tertanam di /system/lib/ setelah anda berhasil menginstal aplikasi ChainFire 3D. File berekstensi .sh yang merupakan batch file hanya bisa dieksekusi via Terminal Emulator. Lantas jika ponselnya bootloop tidak mau masuk ke tampilan utama?

Cara menghapus ChainFire 3D Android Tanpa Flashing Ulang
  • Pastikan Android anda sudah dalam kondisi rooted.
  • Pastikan Android anda sudah memiliki CWM Recovery.
  • Download Aroma Filemanager disini, taruh di SDCard dan jangan diletakkan didalam folder (untuk memudahkan pencarian pada waktu akan menjalankan Aroma Filemanager).
  • Masuk ke CWM Recovery.
  • Pilih Mounts and Storage.
  • Mount SDCard dan System supaya System bisa terbaca di Aroma Filemanager.
  • Pilih menu instal zip from sdcard, jalankan Aroma Filemanager.
  • Buka folder /system/lib/, pastikan ada cf3d_uninstall.sh disana. Jika ya,
  • Klik tombol opsi Android anda, pilih Open console.
  • Eksekusi perintah berikut ini :
sh /system/lib/cf3d_uninstall.sh
  • Tunggu hingga ponsel reboot dengan sendirinya.
*Hiraukan jika dilayar Terminal tertulis pesan error. Jika ponsel tidak kunjung reboot, anda bisa melepas baterai anda kemudian memasangnya kembali.
Langkah tersebut terbukti sukses setelah Andromax C bersistem Jelly Bean diatas saya eksekusi menggunakan Console pada Aroma Filemanager. Cara lainnya, sebetulnya anda bisa memakai ADB. Namun itu terlalu rumit untuk dijabarkan step by step nya. Jadi itu yang dapat saya berikan pada tutorial ini. Perlu diperhatikan kembali bahwa ChainFire 3D hanya untuk Gingerbread saja. Untuk menginjeksi GPU Android, selain ChainFire 3D anda pun bisa mencoba Pure™ Graphics HD yang beberapa waktu lalu sempat booming. Sekian artikel yang saya bagikan kali ini tentang Cara Menghapus ChainFire 3D di Android Tanpa Flashing, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. gan, note 3 ane abis install chainfire 3d ga bisa idup lagi (ada tulisan samsung galaxy note 3 n900) terus layar hitam.tapi bisa masuk cwm. setelah ane instal aroma file manager ga ada system/lib/cf3d_uninstall. tolong solusinya donk gan T_T

    ReplyDelete
  2. THANK YOU BROOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diperhatikan gan chainfire 3D hanya untuk GB saja, yg ente alamin itu merupakan resiko karena tidak compatible, jadi disinilah masalahnya Hp ente ga ada system/lib/cf3d_uninstall.. kerena biasanya system/lib/cf3d_uninstall hanya ada pada GB.. sekarang coba ente factory reset aja hh nya.

      Delete

Komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel akan langsung dianggap spam !!