Memberikan informasi seputar dunia teknologi seperti Komputer, Android, Aplikasi

Wednesday, February 12, 2014

Google Akan Mendirikan Pabrik Terbaru Untuk Pembuatan Teknologi Robot Canggih

Rofi Yansyah

Google Akan Mendirikan Pabrik Terbaru Untuk Pembuatan Teknologi Robot Canggih
Sebelumnya perkembangan robotik dunia sudah demikian pesatnya. Badan Antariksa milik Amerika Serikat misalnya telah mampu membesut robot dengan jenis Spacecraft untuk penjelajahan ruang angkasa, serta robot dengan jenis Humanoid Robotika dari NASA yang cukup mengejutkan dengan misi-misi yang diusungnya. Selain itu, Amazon sebagai salah satu situs jual beli terbesar di Dunia pun telah memiliki Drones, sang robot denagn tugas pengantar barang. Daftar-daftar robot lainnya akan masih panjang karena Jepang sebagai salah satu negara yang dikenal dengan inovasi robotik yang maju sudah menggunakan robot untuk beragam aktivitas.
Selama ini Google dikenal sebagai perusahaan dengn inovasi gila-gilaan di bidang teknologi. Bermula dari sebuah aplikasi mesin pencari di internet, Google berkembang menjadi penyedia platform dengan basis open source yang kini menjadi sistem operasi paling banyak digunakan perangkat mobile seluruh dunia. Tak berhenti disitu, Google terus melebarkan sayapnya dengan meluncurkan beberapa seri ponsel, walau untuk bidang ini, Google masih perlu menggandeng beberapa vendor raksasa lain seperti Samsung, LG, dan HTC. Belum lagi beberapa inovasi teknologi dari Google yang kini masih dalam proses pengembangan seperti Google Glass.

Ketertarikan Google pada Teknologi Robot

Rupanya, semua hal diatas saja masih belum cukup untuk Google. Perusahaan ini dikabarkan tengah sangat tertarik dengan bidang robotika dan mendirikan perusahaan teknologi robot terbaru. Sebelumnya perkembangan robotik dunia sudah demikian pesatnya. Badan Antariksa milik Amerika Serikat misalnya telah mampu membesut robot dengan jenis Spacecraft untuk penjelajahan ruang angkasa, serta robot dengan jenis Humanoid Robotika dari NASA yang cukup mengejutkan dengan misi-misi yang diusungnya. Selain itu, Amazon sebagai salah satu situs jual beli terbesar di Dunia pun telah memiliki Drones, sang robot denagn tugas pengantar barang. Daftar-daftar robot lainnya akan masih panjang karena Jepang sebagai salah satu negara yang dikenal dengan inovasi robotik yang maju sudah menggunakan robot untuk beragam aktivitas.
Dan kali ini, giliran Google yang berkecimpung dalam dunia teknologi robot terbaru. Walau tak disebutkan alasan ataupun proyek yang tengah dikerjakan untuk saat ini, publik mengungkap bahwa dalam 6 bulan terakhir sudah ada delapan perusahaan robotika yang diakuisisi oleh Google. Kedelapan perusahaan peneliti serta produsen robot tersebut pun diketahui memiliki kualitas SDM dan teknologi super canggih. Belum diketahui dengan delapan perusahaan robotik yang diakuisisi Google ini ke depannya akan mengembangkan robot jenis apa. Tapi yang jelas dan paling memungkinkan bahwa Google sepertinya punya proyek besar dan benar-benar serius dalam hal ini, mengingat Google tak main-main dalam mencanangkan proyeknya ini dengan menggandeng delapan perusahaan robot yang canggih.

Boston Dynamics

Salah satu perusahaan robotika hasil akuisisi google yang banyak mendapat perhatian adalah Perusahaan Boston Dynamics. Boston Dynamics sendiri diketahui memiliki peran penting dalam penelitian teknologi robot terbaru Spacecraft dan robot Humanoid yang dilakukan oelh NASA serta beberapa yang lain. Selain itu, keterikatan Boston Dynamics dengan Pentagon selama ini membuat publik semakin bertanya-tanya dengan tujuan Google mengakuisisi perusahaan tersebut. Sumber dalam dari perusahaan Google sempat berbicara pada harian New York Times bahwa Google sama sekali tak berminat untuk beralih menjadi kontraktor militer, sehingga dugaan bahwa Google akan “membantu” Pentagon adalah tak mungkin. Disebutkan pula, bahwa Google akan tetap menghormati kontrak antara perusahaan akuisisi-nya dengan perusahaan lain bila memang ada.
Pada akhir tahun lalu, demi melancarkan proyek robotika ini pun Google melakukan perombakan besar-besaran di manajemen. Andy Rubin yang dulunya pemimpin di divisi Android telah berpindah menjadi orang nomor satu di divisi robotik. Boston Dynamics sendiri diketahui telah menciptakan beragam teknologi yang menakjubkan. Walau begitu, banyak pihak yang mulai meragukan masa depan robot ketika Google dan 8 perusahaan robotik yang telah diakuisisi memulai proyek rahasianya. Google secara mengejutkan tutup mulut tentang apa yang akan dilakukannya, namun ada kemungkinan perusahaan itu akan menggunakan teknologi robot terbaru ini untuk manufacture atau memproduksi dengan mesin.

Dengan kabar bahwa perusahaan robotika dari NASA dan Pentagon diakuisi oleh Google, banyak pihak yang pada akhirnya mulai penasaran dan melirik robot-robot hasil produksi dari Boston Dynamics yang memiliki teknologi robot terbaru yang canggih dengan kemampuan yang mengejutkan. Beberapa orang dengan sedikit takut mulai berkomentar bahwa konsep robot dengan intelegensia yang mungkin sedang coba dikembangkan oleh Google akan sangat menakutkan bila benar-benar terwujud. Bila melihat kemampuan dari kolaborasi Google dengan delapan perusahaan robotika, hal itu bisa saja benar-benar akan terwujud di masa depan. Robot-robot yang selama ini ada dalam cerita fiksi maupun film-film yang terlihat sangat canggih, ke depannya mungkin akan menjadi kenyataan.
Untuk Contoh model pembuatan robot nya bisa anda lihat di Youtube.

1 comments:

  1. Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas tentang robot ni hehe tengkyu bacaanya :)

    ReplyDelete

Komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel akan langsung dianggap spam !!